Uncategorized

8 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Serta Efeknya Sampingnya

Dewalive.com – Daun salam merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beragam kandungan dalam daun salam dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan secara alami.

Daun salam memiliki khasiat sebagai antioksidan, antiseptik, antikanker dan pencernaan. Selain itu, daun salam juga memiliki mengandung asam laurat dan beberapa komponen aktif.

Banyaknya kandungan dalam daun salam tentu bermanfaat bagi tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat daun salam untuk kesehatan.

ilustrasi jantung sehat

Daun salam mengandung senyawa salisilat, fitonutrien dan asam caffeic yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung serta mencegah stroke.

Selain itu, daun salam dipercaya dapat mengendalikan tekanan darah. Anda dapat memanfaatkan daun salam untuk menurunkan tekanan darah Anda dengan cara merebus kira-kira 10 daun salam lalu minum setidaknya setiap hari.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat daun salam yang banyak dikenal yaitu dapat menjaga kesehatan organ pencernaan. Dilansir dari Doktersehat, daun salam mengandung senyawa organik yang dapat membantu mengendapkan sakit perut dan beberapa gangguan pada perut lainnya.

Selain itu, daun salam diketahui dapat membantu merangsang buang air kecil serta menurunkan toksisitas pada tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi lah daun salam dengan takaran yang tepat untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Mencegah Kanker

Daun salam mengandung antioksidan dan senyawa organik yang bermanfaat bagi tubuh. Perpaduan senyawa-senyawa tersebut dipercaya dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang memicu terjadinya kanker.

Selain itu, ekstrak daun salam juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri pada sendi, peradangan, hingga ketombe. Oleh sebab itu, konsumsi lah daun salam sesuai aturan untuk menangkal efek radikal bebas.

Mengatasi Asam Urat

Manfaat lain dari daun salam yang terkenal yaitu dapat mengatasi asam urat. Asam urat merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada area sendi. Salah satu cara alami mengatasi asam urat yaitu dengan membuat racikan minuman dari daun salam untuk mengatasi asam urat.

Caranya yaitu dengan merebus daun salam dengan 10 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari. Anda akan merasakan manfaatnya jika mengonsumsi sesuai takaran yang pas.

Mengatasi Masalah Rambut

Salah satu manfaat daun salam yang bermanfaat untuk kecantikan yaitu dapat membantu mengatasi masalah rambut. Menggunakan daun salam dikenal dapat mengatasi ketombe yang membandel. Selain itu, daun salam juga dapat mengurangi kerontokan rambut.

Caranya dengan merebus daun salam dengan air secukupnya. Kemudian, setelah dingin, gosokkan pada kulit kepala yang telah dibersihkan. Rebusan daun salam tersebut akan membantu mengatasi masalah rambut seperti kerontokan hingga ketombe.

Meredakan Batuk

Daun salam memiliki manfaat lain yaitu dapat membantu meredakan batuk. Anda dapat memanfaatkan khasiat daun salam ini untuk meredakan batuk secara alami.

Caranya dengan merebus 3 lembar daun salam, kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, rendam kain dalam rebusan tersebut dan usapkan di bagian dada. Cara ini dapat Anda coba untuk membantu meredakan flu dan batuk.

Mengusir Serangga

Dilansir dari Honestdocs, daun salam dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dari dalam rumah. Hal ini dikarenakan daun salam mengandung asam laurat yang biasa digunakan untuk mengusir nyamuk.

Caranya, yaitu dengan menyiapkan minyak ekstrak daun salam. Kemudian oleskan minyak ekstrak daun salam tersebut ke bagian tubuh Anda. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari gigitan nyamuk yang kerap menghampiri.

Mengatasi Masalah Haid

Beberapa wanita mengalami masalah haid yang tidak teratur. Masalah haid yang tidak teratur tentu perlu diatasi. Salah satu cara mengatasinya secara alami yaitu dengan memanfaatkan khasiat daun salam.

Daun salam diketahui dapat mengatasi masalah haid yang semula tidak teratur menjadi teratur kembali. Selain itu, daun salam juga dapat membantu mengatasi keputihan pada wanita.

Mengonsumsi daun salam sesuai takaran juga dapat membantu mencegah dari rasa cemas dan membantu tidur lebih nyenyak. Tidur nyenyak merupakan salah satu kunci tubuh sehat dan bugar.

Efek Samping Daun Salam

Ilustrasi daun salam

Meski memiliki banyak manfaat, Anda juga perlu memperhatikan efek samping dari daun salam. Dilansir dari Alodokter, hindari mengonsumsi daun salam secara utuh. Hal tersebut dapat memicu gangguan pada saluran pencernaan.

Sebelum mengonsumsi daun salam, cuci terlebih dahulu hingga bersih dan rebus hingga benar-benar matang. Daun salam juga harus dihindari oleh ibu hamil menyusui, penderita diabetes serta pasien yang akan menjalani operasi.

[add]


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *