Uncategorized

Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II, Inggris Raya Heningkan Cipta

DEWALIVE, Jakarta – Seluruh Inggris Raya mengheningkan cipta jelang pemakaman Ratu Elizabeth II. Momen mengheningkan cipta itu dilaksanakan mulai pukul 20.00 waktu setempat pada Minggu, 18 September 2022 petang. Pada waktu yang bersamaan, para pemimpin dunia pun tiba di London guna menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan sang ratu.

Presiden Biden dan pejabat tinggi lainnya tiba di London untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II, di mana sekitar 500 bangsawan, kepala negara dan kepala pemerintahan dari seluruh dunia telah diundang.

Biden dan ibu negara Dr. Jill Biden memberikan penghormatan di Westminster Hall pada hari Minggu, di mana mereka bergabung dengan Jane Hartley, duta besar AS untuk Inggris. Presiden dan ibu negara masing-masing kemudian menandatangani buku belasungkawa resmi untuk ratu di Lancaster House.

“Dia secara pribadi sama dengan citranya – baik, terhormat, semua tentang pelayanan,” kata Biden. “Hati kami tertuju pada keluarga kerajaan, Raja Charles dan semua keluarga. Ini adalah kehilangan yang meninggalkan lubang besar, dan terkadang Anda berpikir Anda tidak akan pernah bisa mengatasinya, tetapi seperti yang saya katakan kepada raja, dia akan selalu bersamanya di setiap langkah, setiap menit, setiap saat. Dan itu merupakan keyakinan yang pasti.”

Ribuan orang rela menunggu giliran di Parlemen Westminster Hall demi bisa memberi penghormatan terakhir pada Ratu Elizabeth II. Mereka bertahan 17 jam menghadapi suhu udara malam yang dingin.

Delapan orang cucu Ratu Elizabeth II yang dipimpin oleh Pangeran William mengitari peti jenazah dan berdiri dengan menundukkan kepala selama prosesi silent vigil pada Sabtu petang. 

Antrean Pelayat Bermil-Mil

Antrean bermil-mil panjangnya di Westminster Hall akan tertutup bagi pengunjung yang baru datang pada Minggu malam waktu setempat. Ini bertujuan agar semua orang yang mengantre mendapat giliran melewati peti jenazah sebelum Senin (19/9) pagi.

Menurut rencana, peti jenazah Ratu Elizabeth II akan dibawa dengan kereta meriam ke Westminster Abbey untuk dimakamkan pada Senin pagi waktu setempat.

Siapa pun yang akan masuk dalam antrean pada Minggu malam untuk mengiringi prosesi pemakaman diminta menuju ke London Bridge dengan waktu tunggu hingga 7 jam.

Putra ketiga Ratu Elizabeth II, Pangeran Andrew, memberikan penghormatan pada sang ibu di hari Minggu.

“Saat buku pengalaman kami ditutup, yang lain terbuka, dan saya akan selamanya memeluk Anda erat di hati saya dengan cinta dan rasa terima kasih yang terdalam, dan saya akan dengan senang hati melangkah ke hidup berikutnya dengan Anda sebagai pemandu saya,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Ribuan petugas polisi akan dikerahkan dari seluruh negeri untuk menjadi bagian dari prosesi pemakaman Ratu, suatu hari terbesar dalam sejarah London.

Kerumunan tak hanya tampak di Westminster Hall, tapi juga di dekat Kastil Windsor, di mana ratu akan dimakamkan dengan upacara keluarga dan bersifat tertutup pada Senin malam.