Pariwisata Wisata

10 Destinasi Wisata Terbaik di Jepang, Kumano Peringkat Pertama

Wilayah Kumano sering disebut sebagai “negeri para dewa”. Wilayah ini menjadi tempat terbaik untuk melancong di Jepang untuk 2020

Tahun ini, kecantikan Kumano yang terpancar dari jalan-jalan tuanya dan daya tarik spiritualnya, bahkan menandingi Tokyo yang modern.

Terletak di pusat Prefektur Wakayama, Kumano dikenal karena rute ziarahnya, Kumano Kodo, yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di area yang dikelilingi keindahan alam ini, para rahib Shinto dan Buddhis bersembahyang di bawah air terjun. Sementara itu, para murid mandi di pemandian air panas (温泉/onsen) untuk memulihkan tenaga.

“Kami merasa terhormat telah dipilih sebagai destinasi wisata nomor satu,” ujar Hideyuki Inamoto, Presiden Federasi Pariwisata Prefektur Wakayama.

“Kumano di Prefektur Wakayama lama dianggap sebagai tempat sakral untuk memuja alam tempat tinggal para dewa. Konon katanya, rute ziarah ke Kumano adalah “awal mula wisata Jepang,” imbuh Inamoto.

“Kami menyambut kedatanganmu ke Kumano,” tambahnya

Penuh keramahan

Seperti yang ditunjukkan oleh Inamoto, penduduk Kumano memiliki jiwa yang ramah, sehingga keramahtamahannya menjangkau wisatawan dari seluruh dunia.

Kota Tanabe, gerbang ke Kumano Kodo, memiliki biro pariwisata multilingual yang menyediakan situs pemesanan daring.

Wisata yang ditawarkan dikelola oleh pemandu dan bisnis lokal untuk wisatawan.

Peternakan di Tanabe menawarkan wisata homestay hijau. Di sini, kamu dapat ikut serta memanen ume (buah plum Jepang) di luar Tanabe.

Bisa juga menonton ikan paus di Katsuura, menjadi rahib Shinto di Shingu atau berjemur di pantai Shirahama dengan pasir putihnya.

“Wisata spiritual, pengalaman yang ditawarkan di wilayah Kumano, adalah tren yang mulai naik daun di khalayak global seiring kaum milenial mencari jati dirinya di sini,” ujar Randiah Green, editor di GaijinPot Travel.

“Kelihatannya, para pembaca menyukai segala hal yang ada di Jepang. Tetapi, mereka menginginkan wisata spritual yang menenangkan diri sebelum Olimpiade Musim Panas di Tokyo,” ungkapnya.

Ibu kota Jepang berhasil menduduki tempat ke-2. Bukan hanya karena Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas Tokyo 2020, tetapi juga karena aneka pengalaman yang menunggu para “free & independent travelers.”

Di tempat ke-3 terdapat Nakasendo. Jalan tua dari Zaman Edo ini menghubungkan Prefektur Gifu dan Nagano. Dulunya, jalan ini menghubungkan Edo (Tokyo zaman dulu) dengan Kyoto.

Tempat ini ideal bagi para wisatawan yang mencari pariwisata ramah lingkungan. Suasana kota yang pelik dan penginapan bersejarah di sepanjang jalan sempurna bagi mereka yang mencari pengalaman autentik Jepang.

Destinasi wisata lainnya yang mendapatkan Penghargaan Destinasi Wisata Terbaik 2020 antara lain Niseko, Hokkaido; Minakami, Gunma; Seven Stars Railway, Kyushu; Yokohama, Kanagawa; Nikko, Tochigi; Danau Biwa, Shiga, dan Sapporo, Hokkaido.

Peringkat penghargaan ini berdasarkan pilihan pembaca GaijinPot yang hampir mencapai satu juta responden. Setengah dari pembaca tersebut tinggal di luar Jepang, tetapi memiliki kecintaan terhadap budaya dan wisata Jepang.