Uncategorized

Kering dan Bersisik, Kenali Ciri Lain Kulit Sensitif pada Anak

Dewalive – Jika Anda ditanya mengenai ciri kulit sensitif pada anak apa jawabannnya? Mungkin menjawab tidak bisa menggunakan sembarang produk atau skincare karena bisa bikin kulit merah. Namun, ternyata bukan itu saja tanda kulit sensitif pada buah hati.

Perbedaan pengertian kulit sensitif ini juga memang terjadi di masyarakat. Dr Srie Prihianti, SpKK(K), PhD, FINSDV, FAADV, Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI) menjelaskan bahwa masyarakat masih memiliki pengertian yang berbeda-beda tentang apa itu kulit sensitif.

“Padahal keseragaman pemahaman itu diperlukan,” kata Srie.

Jika orangtua sudah memahami tanda-tanda kulit sensitif pada anak, maka baru dapat melakukan perawatan yang tepat dengan produk yang sesuai, kata Srie lagi.

Setidaknya, terdapat tiga tanda yang menunjukkan kondisi kulit sensitif. Berikut tanda anak miliki jenis kulit sensitif:

  1. Kulit terasa kasar dan kering, yang kerap muncul karena berkurangnya kandungan air pada kulit. Hal ini mempengaruhi kinerja dari sawar kulit (skin barrier) yang jika dibiarkan dapat memicu peradangan pada kulit. Penggunaan pelembab diperlukan agar kondisi kulit tetap terjaga kelembapannya.

“Pasien dengan kondisi kulit sensitif dan dermatitis atopik datang dengan berbagai keluhan dan gejala. Biasanya keluhan yang paling sering ditemukan adalah gatal disertai kulit kering, bersisik, dan kemerahan,” kata dokter Margaretha Indah Maharani, Sp.KK, FINSDV, FAADV dalam forum diskusi bersama Cetaphil.

  1. Kulit Mudah Bereaksi, Misal Merasa Gatal dan Panas akibat Skincare

Kulit mudah bereaksi. Orang dengan kulit sensitif seringkali mengeluhkan rasa gatal, panas, sensasi terbakar dan menyengat akibat terpapar produk berbahan kimia, termasuk skincare. Bisa juga rasa tak nyaman itu muncul pengaruh lingkungan seperti cuaca dingin atau panas, perubahan iklim, angin, sinar matahari, polusi, dan strs.

  1. Ruam pada kulit kemerahan dan muncul tiba-tiba atau bertahap

Secara umum, kondisi ini terjadi akibat peradangan pada kulit sehingga kulit yang ruam akan terasa gatal, mengelupas, bahkan sampai membentuk benjolan. Beragam faktor mampu mempengaruhi munculnya ruam, diantaranya adalah dermatitis

Pelembap untuk Kulit Sensitif Mesti Mengandung Apa?

Penting bagi pemilik kulit sensitif untuk menjaga kesehatan kulit agar sawar kulit (skin barrier) berperan dengan baik sebagai proteksi. Produk perawatan yagn tepat dapat membantu meringankan gejala kulit sensitif dan mencegah dermatitis atopik kambuh.

“Sangat penting untuk memilih produk yang diformulasikan khusus untuk memulihkan dan mempertahankan sawar kulit (skin barrier),” kata dokter Indah Maharani.

Ia menyarankan memilih produk pelembap untuk anak yang mengandung ceramide, derivate filaggrin yang dapat mengikat air di dalam kulit, minyak nabati seperti minyak biji bunga matahari, niacinamide.

“Zat aktif di atas yang mampu membantu mengatasi dan mengembalikan kesehatan kulit pasien dengan kulit sensitif dan dermatitis atopik,” jelas dokter Indah Maharani.