Uncategorized

Penjelasan Lengkap KBRI Swiss soal Penemuan Jenazah Eril di Bendungan Engehalde

DEWALIVE, Bandung – Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss bersama keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan polisi setempat telah menemukan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz pada Rabu (8/6/2022). Jenazah ditemukan di Bendungan Engehalde Bern pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB.

“Pada hari ini, saya ingin menyampaikan kabar bahwa kemarin (Rabu) kepolisian kantor Bern bertemu di kantor kami di KBRI Bern bersama keluarga, untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah Ananda Eril,” kata Muliaman Hadad Dubes RI untuk Swiss dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022) malam. 

Sesuai prosedur berlaku, lanjut Muliaman, tim forensik kepolisian segera mengidentifikasi dan menelusuri DNA, untuk memastikan bahwa jenazah yang ditemukan tersebut adalah Eril. 

“Kamis, 9 Juni 2022 siang waktu Swiss pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa jasad DNA adalah Ananda Eril. Hal ini juga disampaikan secara official melalui media rilis mereka pada pukul 13.45 waktu Swiss,” ujarnya.

Selanjutnya, pihak kepolisian Swiss menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan kantor Bern sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jenazah Eril dari pihak kepolisian kepada keluarga. 

“Sekitar dua jam yang lalu, pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad Ananda Eril,” Muliaman menyatakan.

“KBRI Bern tentunya memastikan bahwa penghormatan hak-hak Ananda Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam untuk selanjutnya KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam Persiapan dalam proses pengurusan repatriasi Ananda Eril ke Tanah Air,” tutur Muliaman menambahkan.

Muliaman mengatakan, KBRI akan memastikan untuk pengawalan kaitan repatriasi jasad Eril hingga tiba di Indonesia.

“KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga Ananda Eril tiba di Indonesia, kami mohon doa dan dukungan teman-teman media sekalian agar seluruh proses kepulangan Ananda Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar,” kata dia.

Setiba di Jakarta, pihak Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi kedatangan rombongan di Bandara Soekarno-Hatta.

Sesuai Syariat Islam

Adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman menyampaikan, pihak keluarga akan menerima jenazah Eril dan akan menyempurnakannya sebagaimana syariat Islam. Eril akan dimandikan, dikafani, disalatkan, dan dikuburkan dengan cara Islam. 

“Keluarga akan menerima Almarhum Eril untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril selaku Muslim,” kata Elpi.  

“Untuk waktu kami belum bisa memastikan pasti kapan akan tiba di Indonesia tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepatnya sejauh yang memungkinkan tergantung kondisi situasi sumber daya yang mendukung,” sambung pernyataan Elpi.

Elpi juga mengatakan bahwa pihak keluarga berharap jenazah Eril bisa tiba di Indonesia pada Sabtu (11/6/2022). Keluarga juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pencarian. 

Mulai dari pihak kepolisian Bern, kepolisian maritim Bern, Pemerintah Kota Bern, pemerintahan federal Swiss, juga KBRI di Bern. “Kami merasa tidak sendirian dan negara hadir melindungi warga Negara Indonesia di mana pun,” ucap Elpi.