Uncategorized

Ular Sanca Sepanjang 3 Meter di Permukiman Warga Cipayung Diamankan Petugas

Dua ekor ular sanca sepanjang tiga meter dievakuasi dari permukiman warga di Bojongsari, Depok

DEWALIVE, Jakarta Ular Sanca sepanjang tiga meter berhasil diamankan petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Kamis (13/1/2022). Ular diamankan dari sebuah pohon di permukiman warga Kampung Rawa Binong RT 04 /03 Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Jaktim.

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, setelah mendapatkan laporan dari warga warga pihaknya langsung menerjunkan tiga personel rescue ke lokasi.

“Ular dievakuasi tiga petugas dari atas pohon menggunakan tangga. Dalam waktu sekitar 15 menit ular berhasil kita amankan,” kata Gatot seperti dikutip 

Menurutnya, dengan dievakuasinya ular itu, maka delapan jiwa berhasil diselamatkan dari ancaman serangan satwa tersebut.

Sebelumnya, petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur juga berhasil mengamankan ular Sanca sepanjang empat meter di Jalan Pisangan Baru RT 07/15, Matraman, Sabtu (11/12/2022) malam.

Menurut Gatot Sulaeman, ular tersebut dievakuasi dari atas outdoor AC sebuah kantor perusahaan di wilayah tersebut.

“Ular itu berada di atas outdoor AC. Setelah ditangkap ular langsung dimasukkan ke dalam karung untuk dievakuasi,” kata Gatot.

Evakuasi Berlangsung 30 Menit

Dijelaskan Gatot, proses evakuasi ular ini memakan waktu hingga 30 menit. Dengan diamankannya ular ini, kata Gatot, sedikitnya satu KK atau 15 jiwa terselamatkan dari ancaman serangan ular tersebut.

“Kami kerahkan empat petugas rescue untuk amankan ular tersebut, ” pungkasnya.