awet muda kebugaran kesehatan

4 Cara Mudah Agar Selalu Awet Muda dan Sehat

DEWALIVE – Di usia yang sudah tak muda lagi, kondisi tubuh biasanya menurun dan penampilan pun jadi tak semenarik seperti sebelumnya. Tapi bertambahnya usia, bukan berarti kamu tidak bisa tampil segar dan awet muda.

Kamu tetap bisa sehat dan awet muda,dengan mengikuti diet sehat dan menjaga pola makan teratur. Seperti apa diet sehat agar tetap awet muda? Berikut empat cara mudah dalam mengatur pola makan agar tetap sehat dan awet muda:

1. Buah dan Sayuran Berwarna-warni


Langkah penting agar tetap sehat dan awet muda adalah dengan rajin mengonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran jenis apapun, mengandung banyak antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Antioksidan berfungsi menetralisir radikal bebas –perusak sel-sel tubuh yang sering dihubungkan sebagai penyebab timbulnya kerutan dan noda hitam, bahkan penyakit kanker dan jantung.

“Selain memperlambat tanda-tanda penuaan, antioksidan juga bisa memperbaharui sel dan mencegahnya dari kerusakan,” jelas Bonnie Taub-Dix, R.D., juru bicara American Dietetic Association, seperti dikutip Womens Health Mag.


Untuk mendapatkan manfaat antioksidan dengan maksimal, tidak cukup hanya mengonsumsi sayuran atau buah saja. Kamu harus mengombinasikan buah dan sayur dengan berbagai warna; merah, oranye, kuning dan hijau. 

Setiap sayur atau buah memiliki jenis antioksidan berbeda, yang berkonsentrasi di tempat berbeda pula. Sebagai contoh, antioksidan dalam buah berry membantu menjaga kestabilan fungsi otak dan motorik. Sementara antioksidan dalam buah delima (pomegranate) bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Lain lagi antioksidan yang terdapat dalam brokoli, mengandung senyawa yang membantu mencegah kanker payudara. 


2. Lemak Sehat


Jika ingin tetap awet muda saat tua, cobalah kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Sebaiknya pilih makanan dengan lemak tak jenuh. Asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam minyak zaitun, ikan-ikanan, kacang dan biji-bijian telah terbukti bisa menurunkan risiko penyakit yang kerap timbul karena bertambahnya usia. Beberapa di antaranya radang sendi, penyakit jantung, diabetes, stroke bahkan Alzheimer. Lemak sehat juga membantu menjaga kesehatan kulit dan membuat tetap cantik serta awet muda. Semakin banyak Anda mengonsumsi omega-3 (umumnya banyak terdapat pada salmon atau sardin), semakin berkurang risiko kerusakan kulit yang akan dialami.

3. Minum Teh Hijau


Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut catechin yang diyakini dapat membuat kamu sehat dan awet muda. Senyawa ini dipercaya bisa mengatasi tekanan darah tinggi, juga meningkatkan sistem imun tubuh. Minum teh hijau minimal satu cangkir sehari, bisa mengurangi risiko menderita tekanan darah tinggi hingga 46 persen. Jika meminumnya dua hingga tiga gelas lagi, akan mengurangi hingga 65 persen. Teh hijau aman dikonsumsi maksimal lima cangkir per hari. Menurut penelitian dari Journal of Food Science, teh hijau organik memiliki kadar antioksidan paling tinggi, sekitar 100 catechin per gram.

4. Makan Lebih Sedikit


Mengurangi porsi makan merupakan cara yang tepat jika ingin sehat dan awet muda. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan pun semakin berkurang. Jika di usia 20-an, tubuh cepat mengubah nutrisi menjadi energi, di usia 30 ke atas, metabolisme tubuh cenderung melambat sehingga lebih banyak makanan yang hanya tersimpan dan akhirnya menjadi tumpukan lemak. Tubuh pun jadi lebih mudah gemuk dan rentan terhadap penyakit.

Mengurangi porsi makan di usia 30-an ke atas, bisa membantu Anda menjaga kesehatan dan mencegah penyakit ‘menua’ seperti kelebihan berat badan, penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. Konsumsilah makanan rendah kalori serta perbanyak asupan buah dan sayur. Jangan lupakan juga untuk banyak minum air putih untuk proses pengeluaran racun dari tubuh.



Semoga bermanfaat ya guys ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *