Uncategorized

9 Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Tubuh, Penuh Kandungan Nutrisi

DEWALIVE, Jakarta Manfaat daun pepaya Jepang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Bahkan, nama daun pepaya Jepang juga mungkin belum begitu familir di telinga kamu. Namun, manfaat yang ditimbulkannya ternyata tidak main-main.

Bukannya berasal dari Jepang, daun pepaya Jepang ini ternyata merupakan tanaman perdu yang berasal dari Semenanjung Yukatan, salah satu daerah Meksiko, Amerika Tengah. Di negara asalnya, daun pepaya Jepang dikenal dengan nama Chaya.

Masyarakat Indonesia menyebut daun ini sebagai “pepaya” karena bentuk serta tekstur daun yang mirip dengan daun pepaya. Bahkan untuk mengolah daun chaya juga sangat mirip dengan daun pepaya. Namun, perbedaannya dengan daun pepaya pada umumnya adalah rasanya yang tidak begitu pahit. Bahkan daun pepaya Jepang ini memiliki rasa yang cenderung manis.

Manfaat daun pepaya Jepang dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Jika dibandingkan dnegan bayam, daun pepaya Jepang ini memiliki 78% lebih banyak protein, 111% lebih banyak serat, 100% lebih banyak zat besi, dan 242% lebih banyak vitamin C.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, maka tidak heran banyak yang mengolahnya hanya dengan direbus agar manfaat daun pepaya Jepang tidak hilang.

Mengatasi Sembelit

Manfaat daun pepaya Jepang yang pertama berkaitan dengan saluran pencernaan. Daun pepaya Jepang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan kamu. Daun pepaya Jepang akan membuat usus jadi lebih bersih dan membuat organ pencernaan dapat berfungsi lebih baik dibanding sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari kandungan serat daun pepaya Jepang yang sangat tinggi sehingga turut mencegah timbulnya risiko sembelit.

Menguatkan Otot dan Tulang

Bertambahnya usia memaksa kamu untuk lebih banyak mengonsumsi kalsium dan protein. Kecukupan protein akan membantu menjaga massa dan kekuatan otot. Daun pepaya Jepang memiliki protein yang tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan bagi otot. Dari 100 gram terdapat sekitar 7 gram protein dan sekitar 300 milligram kalsium. Selanjutnya kandungan kalsium dari daun pepaya Jepang sudah termasuk melebihi kadar daripada sayuran lain. Kalsium sebagai nutrisi penting membangun tulang yang kuat. Baik pula menjaga fungsi otot-otot dan saraf tubuh.

Cegah Anemia

Manfaat daun pepaya Jepang juga ampuh dalam mencegah anemia. Daun tersebut bisa membantu tubuh dalam produksi sel darah merah sehingga tidak akan membuat tubuh mudah terserang penyakit anemia. Hal ini karena ternyata daun pepaya Jepang memiliki kandungan zat besi dua kali lebih banyak daripada bayam, sehingga kamu bisa memperoleh tambah darah dan mencegah anemia lebih optimal, serta terjamin alami.

Mencegah Kanker

Daun pepaya Jepang mengandung vitamin A yang diproses oleh tubuh untuk menjadi beta-karoten, berperan dalam mencegah penyakit kanker. Daun pepaya jepang merupakan salah satu bahan alam yang bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri karena banyak mengandung saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, steroid dan fenol.

Beberapa senyawa tersebut baik dalam mencegah kanker, aktivitas antioksidan, dan berbagai hasil positif lainnya. Kemudian kandungan vitamin C yang termasuk tinggi, pada 100 gram daun papaya, terdapat sekitar 200 milligram vitamin C.

Mengatasi Peradangan

Peradangan atau inflamasi adalah respons alami tubuh dalam melindungi dari infeksi mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, atau virus. Berdasar hasil penelitan menunjukkan, bahwa pemberian ekstrak etanol dari daun pepaya Jepang memicu efek anti-inflamasi yang mampu menurunkan volume edema telapak kaki tikus yang diberi dosis 400 mg/KgBB.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun pepaya Jepang memiliki 165 mg vitamin C dalam setiap 100 gr. Maka dari itu, manfaat daun pepaya Jepang ini juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga berperan dalam membentuk pembuluh darah, tulang rawan, sampai kolagen di dalam tulang. vitamin C bahkan bisa mempercepat penyembuhan ketika tubuh sedang sakit.

Jaga Kesehatan Reproduksi

Manfaat daun pepaya Jepang juga sangat baik jika dikonsumsi oleh pria dan wanita. Pasalnya, daun pepaya Jepang baik dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi. Hal tersebut tidak lain karena kandungan vitamin A dalam daun pepaya Jepang yang dipercaya mampu meningkatkan produksi sel sperma, serta berperan penting dalam perkembangan janin.

Jaga Kesehatan Mata

Kemudian, manfaat daun pepaya Jepang berasal dari dari kandungan vitamin A di dalamnya. Tiap 100 gram daun pepaya Jepang, mengandung sekitar 1.357 IU vitamin A yang baik dalam mencukupi kebutuhan harian.

Dengan mengonsumsi vitamin A secara teratur diyakini membantu untuk jaga kesehatan mata, serta mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula yang umum terjadi pada orang usia lanjut.

Atasi Jerawat

Manfaat daun pepaya Jepang yang terakhir, yaitu ampuh dalam mencegah serta mengatasi jerawat. Kandungan vitamin A dan C dalam daun pepaya Jepang, berpotensi membuat kulit terhindar dari jerawat.

Namun, meski manfaat daun pepaya Jepang untuk kesehatan sangat beragam, Anda perlu menjaga jumlah asupannya. Selain itu, proses pengolahan juga perlu diperhatikan. Sebab daun pepaya Jepang lebih aman jika dimasak dahulu selama 5-15 menit. Tujuannya untuk mengeluarkan senyawa berbahaya, Sianogen glikosida atau cyanogen glycoside dapat melepaskan racun hidrogen sianida atau dikenal dengan HCN.