Uncategorized

2028, Jakarta Diperkirakan Masuk Daftar Kota Tangguh Dunia

Dalam 9 tahun mendatang, Jakarta diprediksi masuk daftar 20 Kota Tangguh Dunia. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan lembaga Savills Indonesia. Dalam laporan berjudul, Savills Resilient Cities Index Top 20 in 2028, penilaian kota tangguh ini berdasarkan pertumbuhan ekonomi yang cepat, melimpahnya penduduk usia produktif, serta urbanisasi yang memicu pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Selain itu, lembaga ini juga mengukur kekayaan setiap kota dan pribadi, serta demografi penduduknya.

“Kota-kota yang akan berkembang di masa depan adalah kota-kota yang dapat menawarkan keberlanjutan dan mampu menahan segala gangguan, serta memiliki talenta dan inovatif,” kata Head of Research Savills Indonesia Anton Sitorus, pekan lalu.

Dalam 10 tahun ke depan, kota-kota di Asia diperkirakan akan memenuhi daftar kota tangguh ini. Bahkan Jakarta, yang pada tahun 2018, mendapatkan peringkat ke-51, diproyeksikan akan melejit ke posisi 20 pada tahun 2028. Selain Jakarta, beberapa kota lain di Asia turut diprediksi mengalami kenaikan, seperti Guangzhou, Tianjin, dan Suzhou. Ketiga kota tersebut berada di China.